Selasa, 04 Maret 2014

Gula Merah: Pakan Olahan Yang Baik Bagi Burung Ocehan


Pakan alami yang sudah dikenal untuk burung ocehan sangatlah banyak sekali jenisnya yaitu kroto, jangkrik, orong-orong, ulat, belalang, dan ikan guppy. Tapi selain pakan alami yang biasa diberikan untuk burung ocehan ada satu jenis pakan yang juga baik untuk dikonsumsi oleh burung ocehan yaitu gula merah. Gula merah sudah sangat dikenal oleh semua masyarakat yang banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan makanan kue dan minuman kuliner. Dan juga gula merah dalam pembuktiannya sangat bermanfaat jika dikonsumsi oleh burung ocehan sebab dapat meningkatkan ketahanan tubuh burung ocehan.

Kandungan gizi yang terkandung dalam gula merah cukup beragam dan burung ocehan juga membutuhkannya seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Gula merah yang dibuat oleh manusia biasanya menggunakan bahan dasar gula aren dan air kelapa. Dan juga di pasaran untuk mendapatkan gula merah tidaklah sulit sebab hampir semua kedai dan pasar tradisional menjual gula merah dengan harga yang terjangkau. Sehingga bagi pemilik burung ocehan tak akan kesulitan untuk mendapatkannya.

Nah, tentunya dari tadi bertanya-tanya mengenai manfaat apa yang didapat burung ocehan yang mengkonsumsi gula merah. Tapi sebelum membahas manfaatnya terlebih dahulu dijelaskan mengenai cara penyajiannya. Gula merah yang diberikan pada burung ocehan terlebih dahulu dihancurkan dengan takaran yang secukupnya artinya jangan terlalu banyak dan setelah itu dicampur bersamaan dengan air bersih. Selanjutnya dapat diberikan kepada burung ocehan yang sedang kehausan agar diminumnya. Pemberian gula merah bagi burung ocehan dianjurkan dua kali seminggu atau setidak-tidaknya sekali dalam seminggu.

Berikutnya mengenai manfaat yang diperoleh oleh burung ocehan yang meminum gula merah adalah meningkatnya daya tahan tubuh burung ocehan atau dapat disebut memperkuat faktor antipatogenik pertahanan tubuhnya. Ini disebabkan dari kondisi lingkungan tempat burung ocehan tinggal yang terkadang tidak menentu sehingga sangat rentan bagi tubuhnya akan terkena penyakit yang berbahaya. Dari itu untuk mencegahnya dapat memberikan gula merah sebagai upaya dalam memperkuat daya tahan tubuhnya dari serangan virus.

Bagi manusia sendiri kebolehan gula merah dalam menjaga kesehatan sudah tidak diragukan lagi sebab gula merah dapat memperlancar peredaran darah, mengurangi nyeri dan rasa sakit, dan menambah darah. Dikarenakan setiap 100 gram gula merah terkandung kalsium sebanyak 90 mg, zat besi 4 mg dan sisanya karoten. Di samping kandungan nutrisi lain dalam gula merah adalah Vitamin A, B12, C, E, Float, Garam mineral, dan Protein kasar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bagi manusia saja gula merah bermanfaat daya tahan tubuh begitu juga terhadap burung ocehan.

Dan yang perlu diperhatikan bagi pemilik burung ocehan adalah gula merah bukanlah obat untuk menghilangkan rasa sakit yang diderita oleh burung ocehan tapi hanya sebagai pencegah agar burung ocehan terhindar dari penyakit. Dari itu menjaga kondisi kandang agar tetap bersih dan merawat tubuh burung ocehan secara rutin ikut membantu agar virus tidak menjangkit tubuh burung ocehan. Dan juga Di samping pemberian gula merah dapat juga dibarengi memberikan suplemen makanan lain seperti birdvit, birdfine, dan birdshout secara teratur sesuai anjuran yang tertera di obat tersebut.

Yups, dapat disimpulkan bahwa gula merah sangat baik diberikan bagi burung ocehan untuk mencegah penyakit menyerang tubuh burung ocehan. Sehingga disarankan tak salah bagi anda untuk memberikan burung ocehan anda gula merah supaya kesehatannya selalu terjaga. Terima kasih.


Sumber:
http://omkicau.com/2012/10/29/manfaat-gula-merah-untuk-burung/
http://www.ilmumu.com/kesehatan/manfaat-gula-merah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar